Komponen penilaian proses belajar mengajar
Dimensi penilaian proses belajar mengajar berkenan dengan komponen-komponen yang membentuk proses belajar-mengajar dan keterkaitan atau hubungan diantara komponen-komponen tersebut. Komponen pengajaran sebagai dimensi penilaian proses belajar-mengajar mencakup :
1. Organisasi kelas
Dosen menyampaikan tujuan, rencana pembelajaran, dan kontrak belajar secara jelas; menggunakan waktu perkuliahan secara efektif (durasi dan ketepatan awal perkuliahan); perkuliahan terstruktur dengan baik.
2. Materi perkuliahan
Dosen menguasai materi kuliah. Dosen menyampaikan hal-hal yang penting, menggunakan contoh-contoh, analogi atau ilustrasi yang mudah dipahami oleh mahasiswa, dan keterkaitan antar pokok bahasan.
3. Metode pembelajaran
Perkuliahan dilaksanakan dengan metode yang menarik; dosen mengajar dengan antusias; mahasiswa termotivasi untuk belajar.
4. Interaksi dengan mahasiswa
Dosen memberikan respon positif terhadap komentar, pertanyaan atau diskusi dengan mahasiswa di dalam kelas yang membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa; dosen menyediakan waktu untuk berkonsultasi di luar kelas (tatap muka, email atau sms).
5. Umpan balik kepada mahasiswa
Dosen memberikan masukan yang konstruktif terhadap tugas yang diberikan kepada mahasiswa, misalnya laporan, makalah, presentasi, studi kasus, dsb.
6. Media pembelajaran
Tersedia handout atau file presentasi atau media lain yang mudah dipahami dan mudah diakses oleh mahasiswa.
7. Pustaka dan bahan pendukung
Materi dan pustaka pendukung mudah didapat oleh mahasiswa, misalnya melalui internet, perpustakaan, atau media lain.
8. Tingkat kepuasan
Tingkat kepuasan terhadap pembelajaran mata kuliah ini.