Evaluasi Dosen Mengajar




Komponen penilaian proses belajar mengajar

Dimensi penilaian proses belajar mengajar berkenan dengan komponen-komponen yang membentuk proses belajar-mengajar dan keterkaitan atau hubungan diantara komponen-komponen tersebut. Komponen pengajaran sebagai dimensi penilaian proses belajar-mengajar mencakup :

1. Organisasi kelas

Dosen menyampaikan tujuan, rencana pembelajaran, dan kontrak belajar secara jelas; menggunakan waktu perkuliahan secara efektif (durasi dan ketepatan awal perkuliahan); perkuliahan terstruktur dengan baik.

2. Materi perkuliahan

Dosen menguasai materi kuliah. Dosen menyampaikan hal-hal yang penting, menggunakan contoh-contoh, analogi atau ilustrasi yang mudah dipahami oleh mahasiswa, dan keterkaitan antar pokok bahasan.

3. Metode pembelajaran

Perkuliahan dilaksanakan dengan metode yang menarik; dosen mengajar dengan antusias; mahasiswa termotivasi untuk belajar.

4. Interaksi dengan mahasiswa

Dosen memberikan respon positif terhadap komentar, pertanyaan atau diskusi dengan mahasiswa di dalam kelas yang membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa; dosen menyediakan waktu untuk berkonsultasi di luar kelas (tatap muka, email atau sms).

5. Umpan balik kepada mahasiswa

Dosen memberikan masukan yang konstruktif terhadap tugas yang diberikan kepada mahasiswa, misalnya laporan, makalah, presentasi, studi kasus, dsb.

6. Media pembelajaran

Tersedia handout atau file presentasi atau media lain yang mudah dipahami dan mudah diakses oleh mahasiswa.

7. Pustaka dan bahan pendukung

Materi dan pustaka pendukung mudah didapat oleh mahasiswa, misalnya melalui internet, perpustakaan, atau media lain.

8. Tingkat kepuasan

Tingkat kepuasan terhadap pembelajaran mata kuliah ini.